Tentang Kami

Sejak lama, saya, Firman Yusi mencoba membuat wadah di dunia maya ini, dimana saya menuliskan gagasan-gagasan khusus untuk Kabupaten Tabalong. Alasannya sederhana, saya ingin sekali gagasan yang ada dikepala saya, bersama-sama dengan mereka yang membacanya, mengunjungi blog ini tentu saja, menguji apakah gagasan itu memang sebuah solusi untuk masalah yang dialami di Tabalong.
Sering kali, gagasan-gagasan itu bukan hal yang baru, hal yang memang sudah dilakukan entah dimana, namun belum dilakukan di Tabalong, sementara ada problem yang harus diselesaikan yang justru, masih menurut pendapat saya, solusinya adalah gagasan-gagasan itu.
Saya bukan siapa-siapa, tak punya kekuatan yang bisa dengan serta-merta mewujudkan semua gagasan itu, tetapi saya yakin, kalau gagasan itu memang menjadi solusi bagi satu dari sekian banyak masalah sosial masyarakat Tabalong, maka saya ingin berbuat semaksimal kemampuan saya untuk memperjuangkannya. Dengan menuliskannya disini, di wadah yang mungkin sekali orang lain ikut membacanya, saya berharap bisa memperoleh dukungan dari orang lainnya, minimal semangat untuk mewujudkan gagasan-gagasan itu.
Siapapun anda, dimanapun anda, apapun profesi anda, apapun jenis kelamin anda, berapapun umur anda, masukan, saran, kritik, tambahan gagasan sangat saya perlukan.

Responses

  1. Hanya sedikit orang Tabalong yang mau berfikir mengembangkan gagasan untuk kemajuan daerahnya.Saya mungkin termasuk satu dari sekian banyak orang Tabalong yang belum pernah menyumbangkan sumbang sih pemikiran terhadap daerah dimana saya lahir dan dibesarkan.Ada banyak alasan tentunya.Tapi yang jelas setelah ada blog ini saya bermaksud mencoba nantinya mengembangkan gagasan dan pemikiran saya untuk kemajuan Tabalong.Trima kasih kepada penggagas Blog ini.

  2. Wlopun sya bukan orang tabalong.. Saya dukung kpd pengagas ide,untuk m’majukan kota tabalong.Jika masyarakat stiap masing” daerah mau m’majukan daerah’y.Brarti mereka sdh m’majukan s’dkit kualitas neg qt.

  3. Kotak saran atau kotak pengaduan publik baik untuk umpan balik, tetapi kemauan dan keberanian publik untuk melakukan kurang, dikarenakan sifat fesimis dan tidak terbiasa dengan menyampaikan keluhan dengan tertulis.
    Juga dari instansi pelayanan niatnya untuk memperbaiki kurang atau tidak bersungguh-sungguh. Kotak dimaksud sekadar agar kelihatan ada usaha perbaikan, namun tidak akan ada usaha menyikapinya.

    Tinggal bagaimana agar kotak ini efektif mencapai tujuan ? Mungkin harus ada komunikasi balik dari pelayanan kpd publik.

    Terima kasih. Salam

  4. Perlu wadah untuk semua bidang , apalagi yg menyangkut kepentingan, bukan sok idealis tp kita perlu peduli perkembangan dimana kita berada dan dengan siapa ky berinter aksi..
    Lihat tidak adanya wadah (media) dr Penguasa Wilayah >> Jadinya mana ada bidang yg bisa diacungi jempol, selain tambang,
    Ingat SDM sebagai motor Pembangunan :

    sip ini wadah sebagai pembenahan kota kita ! Bravo

    • sumbang fikirnya ditunggu juga untuk menambah khasanah ide yang kita kumpulkan…. ditunggu, bro

  5. Mantap. . . Maju dan jaya bumi Sarabakawa

    • untuk menuju kejayaan itu, diperlukan kerja keras semua, termasuk kita meski hanya berupa gagasan dan ide, ditunggu lho sumbangsih fikirnya…

  6. Untuk membuat perubahan pada suatu daerah perlu adanya sejenis persatuan atau ikatan/ kelompok tertentu yang dpat menyumbangkan pikirannya agar apa yang ingin qta kemukakan dapat terlaksana. Juga agar bisa menuangkan apa yang ada dipikiran qta untuk membangun tabalong supaya lebih maju.
    Gambare yoo…
    Semangat untuk qta warga tabalong…

    • Sepakat, memang saatnya kita intensifkan diskusi terfokus yang mengakomodir berbagai gagasan cerdas untuk Tabalong, ada yang mau memulai?

  7. Hhhmmm….aq brsedia bergabung klau mmang ada yg ingin mngtua’i..
    Dan q jg yakin banyak putra/putri daerah yang ingin bergabung dngan grup ini.
    Qta bsa mmulae dngan mmbagikan slebaran pencarian anggota.
    Mngkin perlu sdkit dana ntuk itu.

    • sebenarnya aku sudah punya wadah, positif.kalimantan, beberapa kawan ingin juga bergabung di wadah ini untuk berdiskusi, kalau memang memungkinkan, kita kumpul juga dengan kawan-kawan itu untuk mencoba merealisasi gagasan ini, bagaimana?

  8. Kab Tabalong mempunyai SDA yg menjanjikan, Pertanian/Perkebunan & Tambang, PADnya termasuk tinggi. Perlu dipacu peningkatan dan pemberdayaan SDM-nya yg relatif msh terbatas, apalagi pendidikan tingginya yg diharapkan mampu mengelola SDA kedepan. Karena kita tdk harus tergantung dgn kekayaan SDA seperti tambang (kasus minyak dan sekarang Batubara). Pada daerah pertanian tan pangan, banyak siswa (intelektual desa) yg mempunyai kemampuan dan kemauan yg tinggi utk ke PT sayangnya kemampuan ekonomi org tua relatif terbatas.. Kita yakin Pemkab dgn dana CSRnya PT Adoro dan Perusahaan Perkebunan lainnya sdh punya komitmen utk membantu siswa yg beprestasi, dan perlu dilembagakan secara terprogram, termasuk kerjasama dgn Perguruan Tinggi. Fak Pertanian Unlam mulai 2010 siap untuk memfasilitasi pengembangan SDM dimaksud, Silahkan daftarkan melalui SMPTN, bulan Juli 2010, Mandiri, bulan Agustus 2010 untuk masuk ke Prodi Agribisnis, Agroekoteknologi, Ilmu Ternak dan Prodi Tek Industri Pertanian… Kami tunggu (Telp/Fax 05114772254, 08125042338.

    • Terima kasih, Pak Abdussamad yang berkenan berkunjung, serasa mendapat kehormatan besar ketika dosen saya ini bersedia mengunjungi “mahasiswanya” yang belum bisa maksimal memanfaatkan pengetahuan yang diberikan. Maaf juga, pak tak bisa hadir di Reuni akbar Fak. Pertanian Unlam, terima kasih masukkannya, Insya Allah kita akan coba kolaborasikan dengan banyak gagasan, semoga cita-cita kita semua mengembangkan SDM lebih baik lagi dapat terwujud.

      • Kami merasa bangga punya Alumni yg berada dimana2 yg tergabung dalam HAFTAN Unlam, apalagi punya kepudulian yg tinggi terhadap pembangunan masy dan daerahnya. Tblg punya kesempatan, & modal utk membangun. Apakah kita sdh punya satu wadah yg menhimpun para birokrat, pengusaha, perguruan tinggi, dan LSM/Masyarakat (ABGM) yg siap duduk bersm merumuskan program untuk pengembangan daerahnya dgn dana CSR misalnya…Agar tumpang tindih program tdk terjadi…, atau (mungkin sdh ada) melalui CSR Center dgn berbagai fasilitasi pengembangan SDM (prioritas para perangkat desa dan intelektual mudanya) dan bantuan Modal Usaha dll. Sehingga pencitraan hadirnya perusahaan besar terpulihkan..Kecemburuan sosial dapat di tekan.. Sdr Firman, maaf ini bukan kuliah ya?, kalo ini sdh basi…lewatkan sj, semoga sukses

      • Pa Abdussamad, usul dan pencerahan yang ibarat nasi baru diangkat dari kompor, lagi panas-panasnya, ulun dan kawan-kawan memang lagi menggarap isu sinkronisasi dan koordinasi utk program-program CSR yang berorientasi pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan. Senang sekali pak, kalau bapak bisa jadi kawan diskusi meski di dunia maya seperti ini. Terima kasih dorongan semangatnya, Insya Allah ulun berbuat yang terbaik biar SP dibelakang nama itu kada manyunyupan diandaki, hehehe…

  9. Terus berbuat yg terbaik untuk masyarakat. Sipp.. Bro.

    • Kita sangat terbuka untuk diskusi, dimanapun dan kapanpun.. kita selalu siap !!. Apalagi membedah permasalahan disekitar pemberdayaan masy,..terutama masyarakat pertanian dan pedesaan..(walaupun kita bukan pakarnya..) Selama hampir 30 th sebagai dosen pemberdayaan (Prodi FKP) cuma hanya sebatas teori, pengalaman di-lapangan sangatlah minim. Pernah menjadi seorg penyuluh (PPL) selama 4 tahun (1977-1981), Tahun 1993-2006 berkecimpung di LPM UNLAM (Ngurusi Mhs KKN, Pelatihan/Kursus, atau Pengabdian Masyarakat) yg membekali dan modal kecintaan terhadap dunia pertanian dan pedesaan…Dengan diskusi..kita berbagi & tambah ilmu..lebih berkembang dan lebih menyegarkan apalagi bisa bermanfaat bagi org banyak, dari pada berbagi sekeranjang buah….(kalau di Tblg, langsat atau durian), bahkan malah bisa jadi sakit..Salam hangat buat kwn2..!!

  10. Sudah banyak kiriman tulisan dari teman baikku Sdr Firman mengenai ide, gagasan atau wawasan mengenai daerah Tabalong. Perkembangan Tabalong secara fisik cukup pesat tetapi masih terpusat disuatu titik bahkan terkesan tidak ada blueprint mengenai pemerataan pembangunan infrastruktur, penanganan pengembangan SDM yang komprehensif dan issue lingkungan yang jika tidak dari sekarang di antisipasi akan merugikan generasi tabalong berikutnya. Semoga dengan adanya blog yg telah di gagas oleh Sdr Firman, mampu menghimpun ide-ide cemerlang orang asli banua maupun orang2 yang care dengan Tabalong dan menjadi salah referensi bagi stakeholder untuk membangun Tabalong. Sukses Bro…!

  11. memang banyak yang harus kita pikirkan untuk kemajuan daderah ini. kadang pikiran membangun sebuah perubahan justru dianggap sebagai sebuah mimpi dan tidak relevan, serta hanya mencari keuntungan tanpa pertanggung jawaban.
    ini karena setitik nila, maka rusak susu sebelanga.
    mudahan saja kita semua diberikan kesempatan, paling tidak kita mampu membuktikan bahwa memajukan masyarakat dan daerah tidak mesti harus meminta atau berharap dari bantuan orang lain.
    sukses ya sobat ku, salam hangat.

    • Tks bersedia berkunjung, Bang. Jar orang bahari, kalau sudah layar terkembang, pantang memutar balik haluan, sebelum tujuan kesampaian…

      • amin, semoga dengan tujuan yang mulia hasilnya juga akan maksimal, paling tidak mulia dari pandangan Allah SWT.
        jangan lupa mampir juga, karena hidup dan napas sebuah blog adalah silaturahmi. thanx

  12. Barangkali ada seribu, bahkan jutaan teori berupa gagasan dan ide yang akan kita temukan,
    sementara jika penerapan moral semakin menurun, dan tidak ada upaya untuk itu,
    maka yang terjadi adalah bukan sebuah kemajuan, justru kita akan terjebak pada
    sebuah permainan tanpa henti.

    • Sepakat, bung. Persoalannya kita tidak juga boleh pesimis untuk menyusun gagasan bagi perubahan, termasuk gagasan tentang baigaimana menselaraskan kemajuan dengan moral hingga bisa saling mengisi dan memberikan hasil yang terbaik. Saya optimis, kita pasti akan menemukan jalan terbaik bagi banyak persoal, termasuk persoalan moral, selama kita terus berusaha menyusun gagasan-gagasan cerdas bagi banua dan bangsa ini.

  13. Saya baru kali ini mengunjungi blog anda. Tapi saya sangat appreciate sekali dengan tujuan anda memajukan Tabalong. Perlu anda ketahui, saya pernah bertugas di Dinkes Kab. Tabalong dari tahun 1977–1982. Saya saat ini sedang menulis tentang “filariasis” yang ada di Tabalong. Kebetulan tahun 2001, thesis S2 saya mengambil penyakit kaki gajah yang merupakan penyakit endemis di Tabalong, terutama di kecamatan Tanta. Filariasis identik dengan kemiskinan. Jika anda dapat membantu program eliminasi filariasis di Tabalong melalui advokasi kepada masyarakat miskin di pedesaan, tentunya ini merupakan upaya anda yang sangat baik sekali. Saya sendiri adalah seorang peneliti yang saat ini bertugas di Puslitbang Biomedis dan Farmasi Badan Litbangkes Kemkes. Baiklah, sampai disini dulu yaa.

    • Bolehkah saya mendapat sinopsis dari thesisnya sehingga kami punya referensi untuk melakukan advokasi? Kebetulan saya termasuk anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kab. Tabalong, barang kali ada relevansi dengan tugas kami

  14. […] Tentang Kami Oleh: Firman Yusi,SP | 6 Januari 2011 […]

  15. Saya baru kali ini mengunjungi blog anda mari sama sama memajukan generasi muda di tanjung, tabalong dan kalimantan🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: